Model dan Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di SLB B-C Optimal Surabaya

  • Dliyaul Laudza' Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Artikel ini membahas tentang model dan strategi pelaksanaan pembelajaran anak
berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa B-C Optimal (SLB B-C Optimal) Surabaya.
Pendidikan inklusif telah menjadi fokus utama dalam memberikan kesempatan yang sama
kepada semua individu, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. SLB B-C Optimal Surabaya
berperan penting dalam memberikan pendidikan inklusif kepada anak-anak tersebut. Model ini
dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan karakteristik anak-anak berkebutuhan khusus serta
mendorong kolaborasi antara guru, orang tua, dan tenaga profesional lainnya. Selain itu, metode
pembelajaran dengan pendekatan berbasis proyek dan pendekatan multisensory. Strategi
pelaksanaan pembelajaran juga menjadi fokus dalam artikel ini. Pendekatan diferensiasi dan
kolaborasi tim menjadi kunci dalam memastikan kebutuhan individu anak-anak berkebutuhan
khusus terpenuhi.
Kata Kunci : Pendidikan inklusif, pendekatan multisensory, dan pendekatan difersensiasi

Published
2024-04-29
Abstract viewed = 14 times