PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII MTsN 3 HULU SUNGAI UTARA

  • Dewi Gustiana MTsN 3 Hulu Sungai Utara
Keywords: Hasil belajar, Kooperatif, Two Stay Two Stray

Abstract

                Usaha yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap bidang studi terutama matematika adalah penggunaan strategi belajar. Keberhasilan implementasi strategi pembelajaran sangat tergantung pada cara guru menggunakan metode pembelajaran. Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika kelas VIII MTs Negeri 3 Hulu Sungai Utara melalui pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) pada materi pokok lingkaran.

                Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah pada siklus I dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS sehingga nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa meningkat sebesar 35% dari nilai dasar sebesar 49,65 menjadi 67,15. Pada siklus II dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan peningkatan dalam hal pengelolaan kelas dan bimbingan terhadap siswa sehingga nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa meningkat sebesar 0,55% dari nilai hasil belajar siklus I sebesar 67,15 menjadi 67,52. Pada siklus III dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Nilai hasil belajar matematika siswa meningkat sebesar 5,04% dari nilai hasil belajar siklus II sebesar 67,52 menjadi 70,92.

Published
2023-01-31
Section
Articles
Abstract viewed = 13 times
pdf downloaded = 14 times