EFEKTIFITAS PENYELENGGARAAN UKS GUNA MENINGKATKAN KESADARAN KESEHATAN DAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKITAR di MADRASAH ALIYAH BUSTANUL ULUM SEI. PANDAN ALABIO

  • Sri Wahyuni MA Bustanul Ulum
Keywords: Efektifitas, UKS, Kebersihan Lingkungan

Abstract

                Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah atau lazim disebut dengan pembinaan UKS/M ditujukan untuk membina dan membimbing  guru  agar mampu menjaga kesehatan untuk dirinya sendiri, para staf sekolah serta siswa maupun untuk lingkungan di sekitar madrasah artinya  keberhasilan daripada Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah akan bermanfaat bagi guru dan siswa. Pembinaan Pendidikan Usaha Kesehatan Madrsah bukanlah tangung jawab sekolah semata namun juga tanggung jawab supervisor kependidikan. Dengan demikian perhatian dan bimbingan  dari kepala madrsah akan lebih berpengaruh terhadap pelaksanaan kesehatan pada diri anak dan guru serta staf di sekolah. Selain itu  peran kepala madrasah juga dituntut aktif dalam ikut menunjang keberhasilan dari kegiatan belajar mengajar  yang dilakukan oleh guru di kelas.

                Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana pelaksanaan Pembinaan Pendidikan Kesehatan Sekolah/Madrasah di  Madrasah Aliyah Bustanul Ulum serta bagaimana pengaruh partisipasi  aktif Kepala Madrsah terhadap keberhasilan Pembinaan Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah. Hasil penelitian meyatakan bahwa pembinaan pendidikan usaha kesehatan sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru  dalam kesadaran untuk hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Dari siklus I hingga siklus II  dapat diperoleh suatu benang merah bahwa telah terjadi peningkatan kinerja guru yang signifikan terhadap kegiatan belajar mengajar  dalam suasana dan kondisi yang bersih dan sehat setelah mendapatkan pengarahan dan  Pembinaan Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah oleh Kepala Madrsah.

Published
2023-01-31
Section
Articles
Abstract viewed = 26 times
pdf downloaded = 28 times