PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI MELALUI MODEL THINK PAIR AND SHARE DAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VIII C MTsN 1 HULU SUNGAI UTARA

  • Fatmawati MTsN 1 Hulu Sungai Utara
Keywords: Keterampilan menulis, persuasi, think pair and share

Abstract

Peningkatkan keterampilan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII C MTsN 1 Hulu Sungai Utara merupakan tujuan dari penelitian ini. Membantu mengembangkan keterampilan yang dimiliki setiap siswa agar mampu menuangkan tulisan dalam bentuk karangan yang bersifat mengajak, menghimbau atau mempengaruhi setiap pembaca. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII C yang berjumlah 23 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis, keterampilan guru, dan aktivitas siswa.Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian ini yaitu (1) keterampilan menulis di siklus siklus sebanyak  56,52% (cukup),  siklus  II sebesar  82,61% (baik),  dan  siklus  III sebesar 91,30% (sangat baik). (2) keterampilan guru di siklus I adalah 19 (cukup), siklus II 23 (baik) dan siklus III sebesar 27 (sangat baik), (3) aktivitas siswa di siklus I adalah 15,73 (cukup), siklus II sebesar 21,69 (baik) dan siklus III sebesar 23,48 (sangat baik). Melalui model pembelajaran Think Pair and Share dan media visual keterampilan menulis teks persuasi di kelas VIII C MTsN 1 Hulu Sungai Utara dapat ditingkatkan. Model Think Pair and Share dan media visual dapat digunakan sebagai cara untuk meningkatkan keterampilan menulis teks persuasi pada siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa.   

Published
2023-03-31
Section
Articles
Abstract viewed = 56 times
pdf downloaded = 37 times