STRUKTUR POPULASI TUMBUHAN RUMBIA (Metroxylon rumphi) DI DESA MUNDAR KECAMATAN LABUAN AMAS SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

  • Raudatus Syarifah STKIP PGRI BANJARMASIN
  • Fujianor Maulana
Keywords: Struktur, Kerapatan Populasi, Rumbia (Metroxylon rumphi),

Abstract

Tumbuhan yang ada di alam semesta sangat beranekaragam. Di alam semesta ini terdapat tumbuh dengan hidup yang berbeda, ada yang Di dataran tinggi ada pula yang berada di dataran rendah (rawa). Desa Mundar  merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang memiliki tumbuh-tumbuhan yang beranekaragam. Salah satu diantaranya adalah tumbuhan Rumbia(Metroxylon rumphi). Rumbia(Metroxylon rumphi)  adalah tumbuhan Palma, selain bermanfaat sebagai bahan makanan berupa sagu, dapat digunakan sebagai perbuatan ataupun atap rumah. Penelitian ini bertujuan untuk skripsi kan struktur populasi tumbuhan Rumbia(Metroxylon rumphi)  di Desa Mundar Kecamatan Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Metode yang digunakan adalah metode dengan teknik pengambilan sampel secara observasi, dengan pengamatan langsung ke lapangan Dengan pengambilan data yang ditutup kan secara teratur sebanyak 10 plot. Pengamatan Dilakukan meliputi juga Rupiah tunas,muda, dan dewasa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur populasi tumbuhan rumbia (Metroxylon rumphi) di Desa Mundar  Kecamatan Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, terdiri atas tumbuhan tunas 231 pohon, sudah 211 pohon, dan dewasa lima empat pohon dengan bentuk piramida dengan dasar yang luas.

 

Published
2023-03-31
Section
Articles
Abstract viewed = 302 times
pdf downloaded = 334 times